Cara Memilih Perpaduan Warna yang Tepat

Dalam sehari-hari kita selalu ditemui apa yang disebut "pilihan", dan salah satu pilihan yang sering kita temui biasanya adalah permasalahan ketika kita memilih perpaduan warna, baik itu untuk menunjang tampilan dalam berpakaian, untuk kesempunaan visual di rumah kita. Bagi para seniman, khususnya seniman lukis dan fotografi, pemilihan warna juga merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai hasil karya yang sempurna, begitu pula bagi seorang desainer. Berikut ada beberapa tips bagi anda untuk memilih perpaduan warna mengunakan konsep color wheel.memilih perpaduan warna


Color wheel adalah kumpulan warna yang disusun melingkar berdasarkan urutan tertentu. Dalam color wheel ada 12 warna  yang nantinya akan menjadi acuan dalam pemilihan warna. Berikut gambaran jelasnya dari color wheel.
memilih warna

1. Memilih Warna Tipe Complementer
Untuk perpaduan warna tipe komplementer kita cukup memilih DUA WARNA YANG BERSEBERANGAN. Warna yang berseberangan antara lain MERAH - HIJAUBIRU - ORANGE, KUNING - UNGU. Lebih jelasnya silahkan pahami gambar berikut.

teknik memilih warna

2. Memilih Warna Tipe Analogous
Untuk perpaduan warna tipe analogous kita bisa memilih beberapa warna yang bersebelahan, seperti KUNING - KUNINGORANGE - ORANGE , BIRU -BIRUHIJAU - HIJAU dan sejenisnya. Berikut gambaran dari perpaduan warna tipe analogus.
pilihan warna
3. Memilih Tipe Warna Triadic
Untuk perpaduan warna tipe triadic kita akan memakai beberapa warna yang akan kita tetukan dengan cara memecah color wheel menjadi tiga bagian, contoh perpaduan warna yang terbentuk antara lain HIJAU - BIRUUNGU - ORANGE , MERAH - KUNING - BIRU, lebih jelasnya mari kita lihat gambar berikut.

pilih warna
putar segitiga ke arah manapun untuk mendapatkan pilihan warna yang lebih disukai.

4. Memilih Tipe Warna Split Complementer
perpaduan warna tipe Split Complementer dapat kita ambil dengan cara yang hampir sama dengan memilih tipe warna triadic, yaitu sama-sama mengunakan bentuk segitiga, hanya saja dalam Split Complementer segitiga yang terbentuk adalah sama kaki. berikut lebih jelasnya.

warna harmonis
5. Memilih Tipe Warna Square dan Ractangle
kedua tipe ini sama halnya seperti triadic dengan split complementer, bedanya adalah disini bentuk yang kita gunakan adalah persegi dan persegi panjang.
macam macam warna

warna yang tepat
warna fashion
ini adalah salah satu contoh penerapan color wheel dalam dunia fashion

Teknik-teknik diatas akan membantu anda dalam memilih perpaduan warna yang tepat

Entri Populer